-

USA

 

Mengintip Kemegahan Golden Gate Bridge di San Francisco

04 Februari 2014
Golden Gate Bridge

     Jika pernah menyaksikan film “Rise of the Planet of the Apes” atau “X-Men”, tentu Anda familiar dengan jembatan yang satu ini. Golden Gate Bridge yang berlokasi di San Francisco, California, Amerika Serikat ini menghubungkan kota San Francisco dengan kota Marin yang berada di bagian utara. Jembatan yang menjulang kokoh diatas perairan ini dibangun sejak tahun 1937 yang diresmikan oleh Presiden Franklin D. Roosevelt. Selama 27 tahun (1937-1964), Golden Gate Bridge menyandang gelar jembatan yang memiliki suspensi terpanjang di dunia dengan panjang mencapai 1280 meter. Tak hanya sebagai penghubung dua buah kota di California tetapi jembatan ini juga merupakan salah satu landmark milik San Francisco yang dikenal dimata dunia.

Joseph B Strauss

     Berhiaskan cat warna orange, beralaskan perairan luas, dan berlatarkan bentangan alam bebas menambah kemegahan jembatan yang merupakan salah satu objek wisata di kota San Francisco. Golden Gate Bridge ini merupakan maha karya dari seorang arsitek asal Ohio, Amerika Serikat bernama Joseph B. Strauss. Beliau berhasil merealisasikan sebuah ide yang sudah lama ada sejak tahun 1916 dalam waktu 4 tahun (1933-1937). Meski beliau seorang arsitek, namun beliau juga menyukai dunia sastra yang kemudian menuliskan puisi untuk jembatan ini. Ada 3 puisi yang ditulis olehnya yaitu “The Mighty Task is Done”, “The Golden Gate Bridge”, “ The Redwoods”.

Golden Gate Bridge Rivets

     Sesuai dengan tempat dimana jembatan ini dibangun maka penamaan Golden Gate Bridge ini pun mengacu pada perairan tersebut yaitu Selat Golden Gate yang menghubungkan Teluk San Francisco ke Samudera Pasifik. Kemegahan Golden Gate Bridge yang didesain tahan gempa ini disokong kurang lebih 1.200.000 baut. Sebuah angka yang sangat banyak memang namun sangat wajar ketika melihat jembatan yang menggantung di atas perairan tersebut demi keamanan para pengguna jembatan yang melintas.

Golden Gate Bridge

     Jika melihat sekilas mungkin jembatan ini terkesan biasa namun jika dilihat dengan seksama, ada sebuah kecantikan yang dimiliki oleh Golden Gate Bridge. Kecantikan yang selalu terpancar terutama ketika sang matahari memandikannya baik saat terbit maupun terbenam ataupun disetiap foto-fotonya. Tak hanya terlihat cantik dalam basuhan sinar matahari, jembatan ini pun memperlihatkan kecantikannya saat malam hari dengan balutan sinar-sinar lampu yang terpasang di sepanjang jalan. Kecantikan Golden Gate Bridge dapat dinikmati secara langsung dengan berjalan kaki di sepanjang tepian yang merupakan area khusus bagi para pejalan kaki dan sepeda.

Golden Gate Bridge

     Jika berangkat dari sisi San Francisco dan lelah menghinggapi kaki setelah berjalan sepanjang jembatan sambil menikmati pemandangan sekitar, Anda dapat beristirahat di Vista Point yang terletak di ujung jembatan sisi kota Marin yang menampilkan pemandangan kota San Francisco di seberang teluk sebelum kembali ke titik dimana Anda memulai perjalanan.