Chat with us, powered by LiveChat

SYARAT DAN KETENTUAN PESERTA TOUR

1. PENDAFTARAN

  • Pendaftaran Peserta Tour harus disertai pembayaran Down Payment / uang muka / deposit sebagai berikut :

  • BIAYA TOUR
    DEPOSIT PER ORANG
    Paket Tour tujuan ASEAN (Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapore)
    Rp 5.000.000
    Paket Tour tujuan Hong Kong, Korea, China, Turkey, Abu Dhabi, Dubai
    Rp 7.500.000
    Paket Tour Jepang, Australia, New Zealand, USA, Canada, Afrika, Europe (West dan Non West)
    Rp. 10.000.000

  • Uang muka / deposit mutlak tidak dapat dikembalikan atau non – refundable.
  • Pendaftaran kurang dari 14 hari kalender sebelum keberangkatan, biaya Tour harus langsung dibayar lunas.
  • Pendaftaran tanpa disertai uang muka bersifat tidak mengikat dan dapat dibatalkan setiap waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Peserta Tour.
  • Setiap Peserta Tour diwajibkan untuk melakukan uji PCR Test untuk memenuhi persyaratan perjalanan Tour. Biaya uji PCR Test ditanggung oleh Peserta Tour.

2. PELUNASAN

  • Pelunasan biaya Tour wajib dilakukan selambat-lambatnya 14 hari kalender sebelum keberangkatan, walaupun visa perjalanan masih dalam proses atau permintaan deviasi belum terpenuhi.

3. PEMBATALAN

  • Peserta yang melakukan pembatalan karena alasan apapun, akan dikenakan biaya pembatalan dengan ketentuan
    sebagai berikut :

  • ≥31 hari setelah tanggal pendaftaran
    Uang muka hangus / non - refundable
    30 - 15 hari kalender sebelum keberangkatan
    50% dari harga Tour
    14 - 08 hari kalender sebelum keberangkatan
    75% dari harga Tour
    07 – 00 hari kalender sebelum keberangkatan
    100% dari harga Tour

  • Biaya pembatalan di atas juga berlaku bagi Peserta yang mengganti tanggal keberangkatan atau mengganti paket Tour dan Peserta yang terlambat memberikan persyaratan visa dari batas waktu yang telah ditentukan sehingga  mengakibatkan Peserta tidak dapat berangkat tepat pada waktunya.
  • Pembatalan yang dilakukan oleh salah satu pihak (Peserta Tour atau Bayu Buana) karena bencana alam, perang, wabah penyakit, aksi teroris atau force majeur lainnya, maka ketentuan di atas dapat berubah sewaktu - waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, tergantung dari kebijakan pihak Airlines, Hotel dan Agen di luar negeri.
  • Bayu Buana berhak membatalkan pendaftaran Peserta Tour yang belum membayar uang muka atau melakukan pelunasan sesuai batas waktu yang telah ditentukan.

    4. PENANGANAN PESERTA YANG MENDERITA COVID-19 PADA SAAT TOUR BERLANGSUNG

    • Dalam hal Peserta Tour diketahui positif / reaktif Covid-19 pada saat Tour berlangsung dan memerlukan perawatan medis atau meninggal dunia, maka prosedur perawatan medis /penanganan jenazah akan mengikuti ketentuan yang ditetapkan oleh Pemerintah Negara tujuan dalam menangani penderita Covid-19, termasuk kemungkinan jika jenazah wajib dimakamkan di Negara tujuan / dilarang dibawa kembali ke Negara asal untuk menekan penyebaran Covid-19.Seluruh biaya penanganan perawatan medis penderita Covid – 19 atau penanganan jenazah sebab kematian karena Covid-19 akan mengikuti ketentuan penjaminan yang ditetapkan dalam polis asuransi perjalanan. Dalam hal ada biaya perawatan medis penderita Covid-19 atau penanganan jenazah sebab kematian karena Covid- 19 yang tidak masuk dalam kategori yang mendapatkan penggantian dari pihak penanggung atau asuransi, maka selisih atau biaya yang tidak dijamin tersebut menjadi tanggung jawab secara pribadi dari Peserta Tour dan Peserta Tour membebaskan PT Bayu Buana Tbk dari segala kerugian yang dialami oleh Peserta Tour.
    • Dalam hal ada Peserta Tour mengalami peristiwa yang termasuk dalam kategori huruf (a) diatas, maka PT Bayu Buana Tbk tetap akan melanjutkan Tour sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya.

    5. PERUBAHAN & PERPANJANGAN RUTE (EXTEND / DEVIASI)

    • Perubahan, perpanjangan, penambahan atau penyimpangan rute perjalanan diluar acara atau masa Tour, wajib dimintakan pada saat pendaftaran atau selambat - lambatnya 1 bulan sebelum keberangkatan. Konfirmasi perubahan akan diberitahukan kepada Peserta Tour setelah mendapat konfirmasi dari airlines. Biaya perubahan dan biaya tambahan yang berhubungan dengan hal tersebut diatas mutlak menjadi tanggung jawab Peserta Tour.
    • Extend / Deviasi dapat diproses apabila Peserta sudah melakukan pembayaran uang muka dan melampirkan fotokopi paspor.
    • Extend / Deviasi dapat diproses apabila jumlah Peserta yang berangkat dan pulang telah memenuhi kuota dari ketentuan pihak Airlines.
    • Apabila extend / deviasi sudah disetujui maka akan dikenakan biaya sesuai dengan ketentuan pihak Airlines dan tidak dapat kembali ke jadwal semula
    • Apabila permintaan extend / deviasi tidak dapat disetujui oleh pihak Airlines maka Peserta secara otomatis akan kembali ke jadwal semula
    • Untuk extend / deviasi yang akan mempersingkat jadwal paket Tour, tidak diberikan pengurangan biaya apapun

    6. VISA

    • Bila tiket sudah diterbitkan sebelum adanya keputusan permohonan visa ditolak atau disetujui oleh Kedutaan, karena keharusan sehubungan dengan batas waktu yang ditentukan oleh perusahaan penerbangan, dan jika permohonan visa ditolak oleh Kedutaan maka biaya visa tidak dapat dikembalikan dan Peserta tetap dikenakan denda pembatalan dan administrasi sesuai dengan kondisi terkait pihak Airlines, Hotel dan Agen di luar negeri.
    • Biaya visa tetap harus dibayarkan walaupun visa tidak disetujui oleh kedutaan, demikian juga jika terdapat biaya lain seperti pembatalan hotel, kereta atau tiket pesawat yang terjadi karena adanya tenggat waktu yang belum tentu sesuai dengan waktu penyelesaian proses visa dari kedutaan dan juga biaya Tour lainnya maka akan dibebankan kepada Peserta Tour.
    • Bayu Buana sebagai pihak ketiga hanya dapat membantu Peserta Tour untuk memproses visa. Keputusan untuk diterima atau ditolaknya sepenuhnya adalah otoritas dari pihak kedutaan negara terkait.

    7. PENGEMBALIAN UANG (REFUND)

    • Bagi Peserta Tour yang tidak diizinkan masuk ke negara tujuan karena sebab apapun dan harus kembali ke Indonesia (origin country) atau menyimpang dari perjalanan yang telah ditentukan dalam acara Tour atau terpaksa membatalkan sebagian atau hampir seluruh perjalanan setelah keberangkatan, tidak dapat menuntut pengembalian uang (refund) atau pengembalian dalam bentuk lainnya apapun atas jasa yang sebagian atau hampir seluruhnya belum atau tidak
      digunakan.
    • Tiket pesawat udara, kereta api dan transportasi lainnya serta akomodasi yang tidak terpakai tidak dapat diuangkan kembali.
    • Bila calon Peserta Tour berhalangan atau sakit sebelum tanggal keberangkatan yang dijadwalkan maka pengembalian uang atau biaya pembatalan akan mengacu kepada pasal pembatalan.

    8. HAK & KEWAJIBAN

    • Bayu Buana berhak tanpa pemberitahuan terlebih dahulu melakukan perubahan biaya Tour bagi Peserta Tour yang telah melunasi biaya Tour namun belum berangkat, apabila terjadi perubahan kurs / nilai tukar valuta mata uang asing atau kenaikan harga tiket.
    • Bayu Buana berhak membatalkan keberangkatan Tour yang jumlah Pesertanya kurang dari 15 orang untuk group tujuan Asia & China dan kurang dari 20 orang untuk group tujuan Eropa, Amerika, Australia, New Zealand.
    • Pihak Bayu Buana berhak menagih selisih harga Tour dan lain-lainnya (jika terjadi kenaikan harga Tour, airport tax, dan lain lain ) kepada calon Peserta.
    • Peserta Tour yang dalam kondisi hamil ≥ 6 bulan maka Peserta Tour tersebut wajib melampirkan surat keterangan dari dokter yang ditunjuk oleh perusahaan Airlines.
    • Bagi Peserta Tour yang berusia di atas 70 tahun atau memiliki keterbatasan fungsi anggota tubuh atau indera atau keterbatasan secara mental, wajib didampingi oleh minimal 2 (dua) orang dewasa yang sehat secara jasmani & rohani (anggota keluarga, teman atau saudara yang akan bertanggung jawab selama perjalanan Tour berlangsung).
    • Peserta Tour tidak akan menuntut dan menyatakan membebaskan Bayu Buana dari tanggung jawab atas terjadinya kecelakaan, kehilangan / kerusakan barang, kelebihan bagasi, penundaan keberangkatan / perubahan jadwal pesawat atau transportasi lain, maupun penahanan baik di bandara atau di hotel, serta biaya - biaya yang mungkin timbul terkait dengan prosedur karantina.
    • Peserta tidak akan menuntut dan menyatakan membebaskan Bayu Buana dari tanggung jawab atas biaya pengobatan bagi Peserta yang mendadak mengalami sakit dan memerlukan perawatan dokter dan atau meneruskan rawat inap di rumah sakit setempat dan atau atas meninggalnya Peserta akibat sakit yang diderita, kecelakaan, dan lain-lain.
    • Bayu Buana berhak menerbitkan tiket pesawat, kereta api, atau transportasi lainnya, akomodasi dan tiket masuk objek wisata kepada Peserta Tour disaat Peserta Tour sudah melakukan uji PCR Test dengan hasil negatif. Dalam hal permintaan dari PihakAirlines , Hotel, Agensi perjalanan di luar negeri mensyaratkan untuk melakukan penerbitan tiket pesawat, kereta api atau atau transportasi lainnya, akomodasi dan tiket masuk objek wisata sebelum keluar hasil PCR Test, maka Peserta Tour wajib memberikan persetujuan kepada Bayu Buana dengan segala konsekuensinya, termasuk jika nantinya hasil test positif. Dalam hal hasil uji PCR test positif, Bayu Buana memberikan kesempatan untuk melakukan test ulang dengan biaya sendiri selama waktu pemenuhan kelengkapan dokumen perjalanan masih memungkinan. Jika waktu pemenuhan dokumen sudah tidak memungkinkan maka ketentuan pembatalan akan mengacu pada angka 3 huruf a diatas.
    • Bayu Buana berhak membatalkan Peserta Tour apabila Peserta sudah melakukan uji PCR Test dengan hasil positif.
    • Bagi Peserta Tour yang terdiagnosa Covid 19 dan harus menjalani karantina pada saat masuk ke negara tujuan dan / pada saat periode perjalanan Tour berlangsung di negara tujuan dan / pada saat akan keluar dari negara tujuan, maka biaya karantina akan menjadi tanggungan atau beban Peserta. Dalam hal Peserta Tour positif Covid - 19 dan harus dirawat inap di Rumah Sakit di negara tujuan, maka skema biaya pengobatan, mekanisme penanganan / perawatan di Rumah Sakit, prosedur penggantian biaya pengobatan akan mengikuti syarat dan ketentuan yang diatur dalam polis asuransi perjalanan.

    9. LAIN LAIN

    • Apabila Peserta menempati 1 kamar sendiri maka wajib membayar biaya single supplement.
    • Apabila Peserta dewasa menempati 1 kamar yang diisi oleh 3 orang, maka tempat tidur tambahan yang disediakan pihak hotel bisa saja berbeda jenis, ukuran dan kenyamanan dibandingkan tempat tidur yang standar yang sudah tersedia. Beberapa hotel tertentu tidak menyediakan tempat tidur tambahan.
    • Demi kenyamanan dan kelancaran perjalanan Tour, Peserta yang sudah melakukan down payment / deposit harus memenuhi persyaratan perjalanan dalam dan luar negerti di masa pandemi ini.
    • Setiap Peserta yang melaksanakan perjalanan, wajib menerapakan dan mematuhi protokol kesehatan yaitu menggunakan masker, menjaga jarak sesama Peserta dan cuci tangan.
    • Setiap Peserta yang melaksanakan perjalanan dengan transportasi seperti kendaraan pribadi, kereta api, laut dan udara bertanggung jawab atas kesehatan masing – masing serta patuh kepada syarat & ketentuan yang berlaku.
    • Peserta yang melaksanakan perjalanan harus menunjukan surat keterangan uji Rapid Test (bila diperlukan) dengan hasil non reaktif yang berlaku selama 14 hari pada saat keberangkatan atau surat keterangan uji test PCR (bila diperlukan) dengan hasil negatif.
    • Peserta yang datang kembali ke Indonesia harus patuh kepada syarat & ketentuan yang berlaku seperti harus melakukan PCR Test pada saat ketibaan (bila belum melaksanakan dan tidak dapat menunjukkan surat hasil PCR test dari negara keberangkatan), dan Peserta wajib menjalani karantina di akomodasi karantina khusus yang telah disiapkan oleh Pemerintah.
    • Semua biaya medis yang timbul selama perjalanan Tour ditanggung oleh Peserta Tour, kecuali syarat dan ketentuan asuransi perjalanan menentukan lain.
    • Peserta Tour membebaskan PT Bayu Buana Tbk atas secara hukum atas kerugian yang mungkin dialami oleh Peserta Tour yang disebabkan adanya keputusan dari Pihak Ketiga yang mengakibatkan kegagalan Peserta Tour untuk mengikuti Tour.

    DENGAN MEMBAYAR UANG MUKA, PESERTA TOUR DIANGGAP TELAH MEMAHAMI DAN MENYETUJUI SYARAT DAN KONDISI TOUR DI BAYU BUANA