Chat with us, powered by LiveChat

Masuk ke China selama Pandemi Untuk WNI Dengan Visa Bisnis

by: Author

Senin, 12 Oktober 2020

Halo Bayu Buana Lovers, Ada yang kangen berkunjung ke negeri tirai bambu? Ada kabar baik nih buat kamu-kamu yang menunggu. Secara bertahap China sudah membuka diri untuk para pengunjung dari Warga Negara Indonesia untuk bisa masuk ke negara mereka. Pertama mereka sudah menerima untuk permohonan Visa bisnis dari Warga Negara Indonesia ke China. Permohonan visa ini sudah dibuka sejak akhir bulan lalu.

Dengan latar belakang normalisasi pencegahan Virus COVID-19, demi memudahkan warga kedua negara keluar-masuk, Kedutaan Besar dan Konsulat Jenderal Tiongkok untuk Indonesia memutuskan mulai 22 Agustus 2020, Warga Negara Indonesia pemegang izin tinggal Tiongkok yang berlaku (termasuk izin tinggal jenis bekerja, keperluan pribadi, reuni keluarga) dapat mengajukan permohonan visa Tiongkok tanpa biaya.

Warga Negara Indonesia yang berencana pergi ke Tiongkok harus mengajukan Formulir Deklarasi Kesehatan terlebih dahulu dengan keterangan hasil negatif tes asam nukleat dalam kurun waktu 5 hari sebelum boarding, dan secara ketat mematuhi peraturan pencegahan wabah setempat setelah memasuki wilayah Tiongkok.

Berikut ini adalah rincian langkah-langkah penerapan tindakan penumpang penerbangan menuju Tiongkok melakukan boarding dengan keterangan hasil negatif tes asam nukleat bagi yang saat ini berada di Indonesia:

  1. Dimulai 26 Agustus 2020, Warga Negara Tiongkok dan Warga Negara Asing yang menumpang penerbangan menuju Tiongkok dari Indonesia atau yang transit di Indonesia, diharuskan menyelesaikan tes asam nukleat dalam kurun waktu 3 hari sebelum boarding, dengan menggunakan keterangan hasil negatif tes asam nukleat mengajukan kode asam nukleat hijau "HS" atau Formulir Deklarasi Kesehatan. Maskapai penerbangan Tiongkok dan asing akan memeriksa sebelum check-in.
  2. Tes asam nukleat harus diselesaikan dalam kurun waktu 3 hari sebelum boarding di lembaga tes yang diakui oleh Kedutaan Besar dan Konsulat Jenderal Tiongkok.
  3. Warga Negara Asing dari negara mana pun yang telah mendapatkan keterangan hasil negatif tes asam nukleat, harus mengirimkan hasil pemindaian (scan) paspor halaman identitas, keterangan hasil negatif tes asam nukleat, dan Formulir Deklarasi Kesehatan (terlampir) yang telah diunduh serta ditandatangani pemohon ke alamat surel (email) yang telah ditentukan oleh Kedutaan Besar dan Konsulat Jenderal Tiongkok di bawah ini. Setelah lulus pemeriksaan oleh Kedutaan Besar dan Konsulat Jenderal Tiongkok, Formulir Deklarasi Kesehatan yang telah dibubuhkan cap Kedutaan Besar dan Konsulat Jenderal akan dikembalikan kepada pemohon melalui surel (email), silakan dicetak sendiri oleh pemohon serta dibawa ke bandara. Harap diperhatikan untuk melakukan penerbangan dalam kurun masa berlaku Formulir Deklarasi Kesehatan, serta bekerja sama selama pemeriksaan dengan maskapai penerbangan sebelum boarding
    • Alamat surel (email) Kedutaan Besar Tiongkok untuk Indonesia: fyidn2020@gmail.com
    • Alamat surel (email) Konsulat Jenderal Tiongkok untuk Surabaya: consulatechn.surabaya@gmail.com
    • Alamat surel (email) Konsulat Jenderal Tiongkok untuk Medan: fymdn2020@gmail.com
    • Alamat surel (email) Konsulat Jenderal Tiongkok untuk Denpasar: chinaconsul_dps_id@mfa.gov.cn

Formulir Kesehatan (Download)

Perlu dicatat bahwa untuk visa bisnis di China perlu ada surat undangan yang resmi (Duly) dari Pemerintah China agar bisa diproses dan dijadikan visa Bisnis.

Nah tidak perlu khawatir sambil menunggu dibukanya kembali untuk visa kunjungan wisata , kamu masih bisa menyusun dahulu rencana liburan kamu yang tertunda untuk masa yg mendatang dengan Bayu Buana travel tentunya. Untuk persyaratan visa selengkapnya bisa kamu temukan di bawah ini atau chat Travel Consultant kami



Chat Kami


Syarat Visa China bersama Bayu Buana





Sumber: China Embassy