Chat with us, powered by LiveChat

Syarat Masuk ke Hong Kong selama Pandemi

by: Author

Sabtu, 26 September 2020

Hi Bayu Buana Lovers, ada beberapa hal dan syarat yang harus diperhatikan bila seorang WNI (Warga Negara Indonesia) ingin bepergian ke negara Hong Kong pada saat pandemi Covid-19 ini. Pastikan Anda dalam keadaan sehat dan tidak menunjukan gejala seperti demam, batuk ataupun sakit tenggorokan. Jangan lupa membawa surat keterangan bebas Covid-19 dan dokumen penting lainnya untuk ditunjukkan ke petugas bandara saat akan check-in. Berikut alur yang harus dijalankan penumpang saat tiba di Hong Kong

  1. Lengkapi formulir deklarasi kesehatan terlebih dahulu.
    Di bandara Hong Kong akan ada petugas kesehatan yang mengecek formulir deklarasi kesehatan yang telah Anda lengkapi secara online, serta meminta Anda untuk mengunduh aplikasi StayHomeSafe dan memberikan gelang yang terhubung dengan aplikasi tersebut.
  2. Membawa dokumen kesehatan pendukung dan melakukan karantina bila diperlukan.
    Petugas kesehatan akan mengecek dokumen kesehatan pendukung apabila Anda datang dari atau transit melalui Bangladesh, Ethiopia, India, Indonesia, Kazakhstan, Nepal, Pakistan, Filipina, Afrika Selatan atau Amerika Serikat. Petugas juga akan melakukan konfirmasi alamat rumah atau hotel untuk karantina. Jika Anda datang dari negara yang beresiko tinggi, Anda harus melakukan karantina di hotel.
  3. Wajib tes kesehatan sebelum keluar bandara.
    Petugas kesehatan akan mengarahkan Anda menuju area tes kesehatan & memberikan instruksi bagaimana caranya memberikan sampel air liur. Sambil menunggu hasil tes, Anda akan diarahkan menuju ruang tunggu. Waktu tunggu diperkirakan sekitar 8-12 jam. Saat menunggu, Anda hanya diperbolehkan membawa carry on baggage. Bila hasil tes negatif, Anda diperbolehkan naik bis ke Terminal 1 untuk melanjutkan proses imigrasi, bea cukai dan mengambil bagasi menuju lokasi karantina. Bila hasilnya positif, akan ada petugas kesehatan yang datang membimbing Anda. Untuk Anda yang tiba di bandara Hong Kong pada saat atau lewat dari tengah hari, Anda diwajibkan menunggu hasil tes di Dorsett Tsuen Wan Hotel di Kowloon City. Petugas kesehatan akan memberikan informasi mengenai hasil tes Anda antara jam 11 pagi hingga jam 3 sore keesokan harinya. Jika hasil tes negatif, Anda diperbolehkan pergi menuju tempat karantina Anda. Namun jika hasilnya positif, petugas kesehatan akan membimbing Anda ke langkah selanjutnya.
  4. Melakukan karantina selama 14 hari dan tidak keluar dari lokasi karantina.
    Aktifkan aplikasi StayHomeSafe sebagai pertanda kalau Anda sudah tiba di lokasi karantina. Anda tidak diperbolehkan keluar dari lokasi karantina serta wajib mengukur dan mencatat suhu badan dua kali sehari.
Tidak semua orang boleh transit atau masuk ke Hong Kong.
Saat ini Hong Kong belum memperbolehkan para turis untuk berwisata. Mereka yang diperbolehkan masuk ke Hong Kong merupakan :
  • Penduduk Hong Kong yang mempunyai Kartu Identitas Hong Kong, pemegang paspor Hong Kong SAR atau British National yang mempunyai hak tinggal di Hong Kong.
  • Penumpang yang melakukan perjalanan dari Tiongkok, Taiwan atau Macao SAR dan tidak berada di negara/wilayah lain dalam waktu 14 hari terakhir.
  • Pemegang paspor diplomatik ( tergantung dari persyaratan visa yang berlaku )
  • Istri/suami dan anak dari penduduk Hong Kong.
  • Pegawai pemerintahan lokal yang menjalankan tugas resmi.
  • Orang yang disetujui oleh pemerintah Hong Kong SAR untuk menjalankan pekerjaan anti-epidemi.
  • Penumpang yang memiliki visa masuk untuk bekerja, belajar, menjalankan atau bergabung dengan bisnis atau yang akan bertempat tinggal di Hong Kong.
Penumpang yang masuk dalam kategori ini harus memenuhi syarat tinggal minimal 14 hari agar dapat menjalani persyaratan karantina wajib selama 14 hari – jika tidak maka akan ditolak.
Untuk informasi lebih lanjut atau untuk pemesanan tiket pesawat, hotel atau tour, silahkan hubungi Travel Consultant kami. Atau lakukan pemesanan langsung di website.


Chat Kami


Persyaratan Tambahan Dari Negara Berisiko Tinggi Masuk ke Hong Kong






Sumber: Cathay Pacific