Chat with us, powered by LiveChat

Eazy Passport

by: Author

Kamis, 25 Februari 2021

Hi Bayu Buana Lovers, sudah siap untuk jalan-jalan lagi ke luar negeri? Tapi masih khawatir untuk keluar rumah mengurus dokumen-dokumen? Tidak perlu khawatir, karena sejak 2020 lalu, Direktorat Jenderal Imigirasi menghadirkan layanan inovasi terbaru untuk mempermudah pengurusan dokumen imigrasi seperti membuat paspor baru atau memperpanjang paspor baru. Mereka menamakannya Eazy Passport.

Sejak awal diluncurkan, Layanan Eazy Passport mendapatkan respon yang positif dari masyarakat. Sebab, dengan adanya layanan ini, masyarakat dapat mengajukan pengurusan penerbitan paspor bersama dengan rekan kerja, komunitas atau tetangga di lingkungan rumahnya tanpa perlu datang ke kantor imigrasi.
Nah bagaimana cara kerjanya? Yuk cek langkah-langkahnya di bawah:

  1. Melakukan Pendataan Calon Pemohon Paspor
  2. Hal pertama yang harus dilakukan pada saat ingin mengajukan Layanan Eazy Passport adalah melakukan pendataan terhadap jumlah pemohon, bisa dari rekan kerja, komunitas atau tetangga di lingkungan rumah yang akan mengajukan pembuatan paspor. Hal ini penting untuk dilakukan sebelum menghubungi kantor imigrasi terdekat, sebab pada saat mengajukan permohonan, petugas akan menanyakan mengenai jumlah pemohon paspor yang akan mendaftar. Arvin mengatakan, pemohon yang bisa dilayani di satu lokasi berkisar antara 30-80 orang sehari.

  3. Menentukan Lokasi yang Digunakan untuk Proses Pembuatan Paspor
  4. Pastikan lokasi yang dipilih mudah diakses, nyaman, luas dan mempunyai sirkulasi udara yang baik

  5. Membuat Surat Permohonan
  6. Surat permohonan harus ditujukan kepada Kepala Kantor Imigrasi dan berisi jumlah pemohon, lokasi permohonan dan melampirkan data pemohon. Setelah itu hubungi kantor imigrasi terdekat.

  7. Menghubungi Kantor Imigrasi Terdekat
  8. Surat permohonan dibawa ke kantor imigrasi terdekat atau menghubungi call center atau media sosial di hari dan jam kerja. Petugas akan melakukan konfirmasi permohonan dengan meminta surat permohonan yang sudah dibuat sebelumnya. Setelah syarat lengkap, selanjutnya menentukan waktu pelaksanaan Eazy Passport

  9. Proses Wawancara dan Pengambilan data biometrik
  10. Pada hari dan jam yang sudah ditentukan, petugas akan melakukan wawancara, pengambilan sidik jari dan foto. Pemohon bisa langsung melakukan pembayaran di Bank, Kantor Pos atau Marketplace (Bukalapak, Tokopedia, Finnet)

  11. Pengambilan Paspor
  12. Paspor yang sudah jadi akan diserahkan ke pemohon dengan 3 cara, yaitu :

    • Diambil Sendiri
    • Diambil oleh perwakilan pemohon
    • Dikirimkan ke rumah melalui jasa PT. Pos Indonesia


Jadi bagaimana Bayu Buana Lovers, masih bingung dengan cara pembuatan paspor ini? Ayo chat ke Travel Consultant kami. Kami siap membantu melengkapi kebutuhan traveling Anda. Cukup klik tombol di bawah ini untuk chat dengan staff terbaik kami.



Chat Kami






Sumber: imigrasi.go.id