Chat with us, powered by LiveChat

Masa Berlaku Paspor Kini Jadi 10 Tahun

by: Author

Senin, 5 Oktober 2020

Pemerintah resmi memperpanjang masa berlaku paspor dari 5 tahun menjadi 10 [sepuluh] tahun. Hal ini diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 51 tahun 2020 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 31 tahun 2013 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian.

Pemerintah menyatakan masa berlaku paspor biasa yang diterbitkan bagi anak berkewarganegaraan ganda tidak boleh melebihi batas usia anak tersebut untuk memilih kewarganegaraan.

Pemerintah juga mengubah kewajiban waktu pelayanan dalam pasal 53. Sebelumnya, passpor wajib diterbitkan oleh pejabat imigrasi paling lambat 4 hari setelah wawancara sesuai pasal 52.

Di Peraturan Pemerintah yang baru menyatakan paspor wajib diterbitkan paling lambat 4 hari setelah pembuat paspor melewati seluruh tahapan penerbitan paspor sesuai pasal 52, yakni pemeriksaan kelengkapan dan keabsahan persyaratan paspor, pembayaran biaya paspor, pengambilan foto dan sidik jari, wawancara, serta melalui tahap verifikasi dan ajudikasi.

Peraturan Pemerintah ini sudah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 10 September 2020. Namun penerapan kebijakannya masih menunggu peraturan pelaksanaanya, sehingga aturan ini masih belum berlaku.


Chat Kami







Sumber Berita: Tirto.id




Tags

Perpanjang Paspor Indonesia
Durasi Paspor 10 Tahun Masa Berlaku
Perpanjangan Paspor Bayu Buana
Jasa Buat Paspor Baru