Chat with us, powered by LiveChat

Syarat Terbaru Masuk Indonesia Dari Luar Negeri Selama Masa Pandemi

by: Author

Selasa, 29 Desember 2020

Halo Bayu Buana Lovers, per 1 Januari 2021 sampai 14 Januari 2021 nanti, Pemerintah Indonesia akan menutup pintu masuk Indonesia untuk Warga Negara Asing. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi mutasi virus Corona baru yang akhir-akhir ini meresahkan di beberapa negara seperti Inggris dan Uni Eropa.
Untuk Warga Negara Indonesia yang masih berada di luar negeri lalu ingin kembali ke Indonesia di Januari 2021 masih berhak untuk masuk ke Indonesia dengan memenuhi syarat-syarat berikut:

  • Seluruh Warga Negara Indonesia ( diperbolehkan masuk )
  • Peraturan masuk Warga Negara Asing (WNA) mengacu pada kategori yang ada pada halaman IATA
  • Seluruh penumpang yang terbang masuk ke Indonesia wajib menunjukan surat keterangan hasil negatif COVID - 19 dari uji swab berbasis PCR dengan masa berlaku 3 x 24 Jam sebelum keberangkatan.

Ketentuan Untuk Negara Inggris, Uni Eropa dan Australia
Sementara untuk penerbangan dari Inggris, Uni Eropa dan Australia, Pemerintah Indonesia menerapkan aturan yang lebih ketat untuk para pendatang yang ingin masuk ke sini, diantaranya:
Dari Inggris:

  • Warga Negara Asing (WNA) tidak dapat memasuki Indonesia
  • Warga Negara Indonesia ( WNI ) diperbolehkan masuk ke Indonesia dengan menunjukan surat keterangan hasil negatif COVID - 19 dari uji swab berbasis PCR di negara asal dengan masa berlaku 2x24 jam sebelum keberangkatan

Dari Uni Eropa dan Australia:

  • Warga Negara Asing (WNA) mengacu pada peraturan dan kategori yang diperbolehkan masuk yang ada di halaman IATA
  • Warga Negara Indonesia (WNI) diperbolehkan masuk ke Indonesia
  • Baik WNI atau WNA harus menunjukan surat keterangan hasil negatif COVID - 19 dari uji swab berbasis PCR di negara asal dengan masa berlaku 2 x 24 jam sebelum keberangkatan.

Surat harus dicetak (hardcopy) dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dan dilampirkan pada saat pemeriksaan kesehatan atau e-HAC Internasional. Setelah tiba di Indonesia, akan dilakukan pengawasan Pelaku Perjalanan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) sesuai kebijakan yang berlaku di mana termasuk diantaranya adalah uji swab ulang.

Sementara semua penumpang Internasional yang tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK) akan dilakukan pemeriksaan ulang berupa uji swab berbasis PCR bagi WNI dan WNA oleh instansi yang berwenang.

Selama menunggu hasil pemeriksaan, WNI wajib menjalani karantina di tempat akomodasi karantina khusus yang telah disediakan oleh pemerintah. Untuk WNA ditempatkan di akomodasi karantina dengan biaya mandiri. Hotel atau penginapan yang ditunjuk telah mendapatkan sertifikasi sebagai penyelengara akomodasi karantina COVID-19 dari Kementerian Kesehatan. Berikut adalah daftar Hotel dan penginapan tersebut:

  1. Bandara Hotel International
  2. Ibis Style Jakarta Airport
  3. Arcadia Hotel
  4. Ibis Budget Jakarta Airport
  5. Novotel Gajah Mada
  6. Grand Mercure Kemayoran (WNA)
  7. Grand Mercure Harmoni (WNA)
  8. Ibis Slipi
  9. Swiss Bell Bandara
  10. JS Luwansa (WNA)
  11. Mercure Batavia
  12. Wisma Atlit
  13. Hotel 88 Mangga Besar No. 10D
  14. Hotel 88 Mangga Besar No. 102
  15. Hotel 88 Grogol
  16. Anara Airport Hotel Terminal 3
  17. Zess Hotel Airport Jakarta

Jadi bagaimana Bayu Buana Lovers, masih bingung dengan regulasi terbaru dari pemerintah ini? Ayo chat ke Travel Consultant kami. Kami siap membantu melengkapi kebutuhan traveling Anda. Cukup klik tombol di bawah ini untuk chat dengan staff terbaik kami.



Chat Kami






Sumber: Garuda Indonesia